Teknologi

Pentingnya Cyber Security di Era Revolusi Industri

Peran cyber security semakin vital bagi perusahaan. Pasalnya, ditengah perkembangan revolusi industri 4.0 yang membuat semua perangkat elektronik saling terkoneksi ditambah teknologi cloud computing dan big data, maka peran Cyber security seakan sudah tidak bisa ditawar lagi.

Sebenarnya apa sih cyber security itu? Apakah manfaat yang didapat dari penerapan sistem ini kedalam perusahaan?

Secara umum cyber security lebih dikenal sebagai upaya untuk melindungi informasi dari adanya cyber attack. Cyber attack sendiri merupakan tindakan yang sengaja dilakukan oleh satu atau sekelompok orang untuk mengganggu confidentiality, integrity, dan, availability data.

Kegunaan Cyber Security 

Salah satu kegunaan cyber security ialah sebagai pengaman infrastruktur telematika (IT). Hal ini dikarenakan cyber attack yang mungkin dilakukan seseorang dapat mengganggu secara fisik maupun dari luar logic sistem informasi.

Cyber attack akan terus berupaya mengganggu informasi yang berfokus pada alur logic sistem informasi. Selain itu, kegunaan dari cyber security ialah menghindari banyaknya serangan cyber yang marak terjadi.

Macam-Macam Kejahatan Cyber di Era Digital

1. Denial of Service (DDoS)

Serangan dengan jenis Denial of Service memanipulasi sistem, jaringan, maupun aplikasi sehingga kinerjanya menjadi sangat berat dan menguras daya. Jika sistem perusahaan terkena serangan ini, peretas bisa saja menuntut uang tebusan kalau ingin mengembalikan ke kondisi semula.

2. Scareware

Nama lain dari scareware adalah “peringatan keamanan palsu” dan termasuk sebagai salah satu tipe scam atau tipuan. Scam tersebut biasa digunakan oleh penjahat siber untuk mengecoh pengguna karena bentuknya yang seperti pop-up peringatan dari sistem. Ketika berhasil masuk ke dalam jebakan, maka pengguna atau target sasaran diarahkan untuk melakukan tindakan tertentu yang ujung-ujungnya masuk ke dalam penipuan

3. Botnets dan Zombies

Cyber crime jenis botnets atau robot network (robot jaringan) melakukan penyerangan pada komputer yang terhubung ke jaringan tersentral. Korbannya disebut dengan istilah zombies karena posisi mereka berada di bawah kendali hacker atau peretas. Data yang dicuri nantinya Botnet nantinya akan terus meningkatkan kemampuan enkripsinya sehingga makin sulit untuk dideteksi.

4. Malware dan Virus

Malware atau virus umumnya memakai program jahat yang sengaja disusupkan. Serangan ini dapat dijumpai dan tersebar melalui e-mail, website mencurigakan, maupun perangkat keras yang dihubungkan ke dalam piranti sistem perusahaan.

Virus yang masuk melalui program mampu merusak data yang ada sesuai dengan tujuan pembuatannya. Tujuannya pun bermacam-macam, ada yang sekedar menyembunyikan data dan ada juga yang sampai merusak maupun menghapusnya

Itulah seluk beluk cyber security yang punya peran penting pada masa kini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan memberikan kamu satu ilmu baru di dalam dunia teknologi saat ini.

Leave a comment

Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
WhatsApp Us
Chat Us
Feedback
Berikan feedback anda untuk kami
Berikat kami masukan anda
Selanjutnya
Masukkan email Anda jika Anda ingin kami menghubungi Anda terkait dengan tanggapan Anda.
Kembali
Submit
Terima kasih telah mengirimkan tanggapan Anda!