Teknologi

Peranan Cyber Security Dapat Membantu Pertumbuhan Bisnis Kamu

Saat ini sudah banyak dari ahli IT dan CEO mulai sadar akan pentingnya cybersecurity yang kuat. Ini tidak lepas dari risiko besar perusahaan yang runtuh karena serangan ransomware hanya dalam beberapa detik.

Mungkin masih beruntung jika satu serangan tersebut hanya menyebabkan bisnis menjadi stagnan, tapi bagaimana jika risikonya adalah bisnis justru mengalami kebangkrutan?

Jika kamu melihat sebuah cybersecurity hanya sebuah budget tambahan dari infrastruktur IT, kamu mungkin belum tahu banyak akan dampak serta manfaat dari cybersecurity tersebut.

Faktanya cybersecurity bisa memainkan peran yang sangat vital di dalam pertumbuhan bisnis mu.

Ahli mendefinisikan tujuan dari penerapan cybersecurity adalah untuk Confidentiality, Integrity, Availability (CIA) sebuah data.

Confidentiality berfungsi untuk memastikan sebuah informasi yang tidak rahasia, atau bebas tersedia entitas-entitas unauthorized.

Integrity merupakan istilah untuk sebuah data yang akurat dan lengkap. Integrity juga memastikan nonrepudiation, yang berarti sebuah data yang dibuat tidak akan bisa dibantah keasliannya atau keakuratannya.

Sedangkan Availability memastikan sebuah informasti, sistem yang digunakan untuk menyimpan atau memproses semuanya berfungsi secara benar untuk mencapai benchmark spesifik. Availability menjadi hal penting dalam cybersecurity. Bahkan, menjaga availability terkadang lebih sulit dari menjaga confidentiality atau integrity.

Masih belum yakin mengenai pemanfaatan cybersecurity tersebut dalam bisnis mu? Berikut ada tiga alasan mengapa jika perusahaan kamu memiliki cybersecurity yang kuat bisa memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor.

Alasan Penerapan Cybersecurity Untuk Bisnis

Keamanan Data Konsumen

Saat ini konsumen semakin memerhatikan perihal keamanan data mereka. Hal ini merupakan hal yang perlu ditanggapi dengan positif oleh perusahaan.

Kesadaran mengenai keamanan data konsumen ini sebenarnya tidak lepas dari banyaknya berita mengenai soal serangan siber dan pelanggaran keamanan.

Ini bisa dilihat berdasar survey pada 2014 menyebutkan 84% konsumen akan masa bodoh jika datanya diambil ketika sedang membeli sesuatu di internet, dan kini situasinya berbeda.

Berdasarkan riset baru-baru ini yang dilakukan oleh Vodafone, 89% stakeholder perusahaan sepakat bahwa meningkatkan cybersecurity bisa membuat konsumen mereka lebih loyal dan percaya.

Permintaan Partner Bisnis

Tidak bisa dipungkiri, biasanya partner bisnis dan investor potensial menginginkan perusahaan kamu memiliki ukuran soal keamanan sebelum membangun atau membagikan data kepada kamu.

Hal ini karena mungkin saja terdapat data-data sensitif yang perlu dijaga, dan juga pertimbangan kredibilitas perusahaan kamu dalam bisnis yang digeluti.

Dasar Strategi Perusahaan

Kondisi cybersecurity yang kuat bisa membuat fondasi bagi strategi-strategi lain seperti migrasi data dan aplikasi di cloud, hingga mengembangkan sayap bisnis lebih global.

Apakah Manfaat Cybersecurity Hanya untuk Bisnis?

Sebenarnya manfaat cybersecurity tidak hanya terfokus untuk sebuah bisnis. Cybersecurity juga sangat vital untuk berbagai penggunaan, baik individu hingga pemerintahan. Itulah mengapa saat ini penggunaan cybersecurity sangat dibutuhkan.

Bagi individu, cybersecurity mencegah data pribadi mereka diakses oleh sembarang orang. Ini dibutuhkan untuk menjaga perangkat komputer mereka bekerja dengan benar dan terbebas dari serangan malware.

Sedangkan bagi pemerintahan, cybersecurity membantu untuk membangun klasifikasi data berbeda yang memiliki hukum, kebijakan, prosedur, dan teknologinya masing-masing.

Leave a comment

Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
WhatsApp Us
Chat Us
Feedback
Berikan feedback anda untuk kami
Berikat kami masukan anda
Selanjutnya
Masukkan email Anda jika Anda ingin kami menghubungi Anda terkait dengan tanggapan Anda.
Kembali
Submit
Terima kasih telah mengirimkan tanggapan Anda!