Software Development

Ini Alasan Kenapa Flutter Layak Untuk Kamu Pelajari

Flutter adalah framework open-source yang dikembangkan oleh Google untuk membangun antarmuka (user interface/UI) aplikasi Android dan iOS. Framework ini dapat digunakan untuk membuat atau mengembangkan aplikasi mobile yang dapat berjalan pada device iOS dan Android.

Ada begitu banyak kerangka yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi lintas platform, seperti React Native, IONIC dan Xamarin. Namun yang membedakannya adalah Flutter tidak menggunakan Webview, Flutter punya mesin render sendiri untuk menampilkan widgetnya, hal ini menguntungkan developer yang ingin memiliki tampilan UI unik yang konsisten

Nah berikut ini alasan kenapa Flutter layak untuk kamu pelajari

  1. Tersedia Fitur Hot Reload

Hot reload adalah fitur di mana kamu bisa langsung melihat hasil kodingan kamu di virtual machine. Kamu bisa lihat langsung hasil dari perubahan yang telah kamu lakukan.

2. Pengembangan Cepat

Flutter ini salah satu framework yang jenisnya hybrid dan  dikenal dengan cross-platform yaitu kamu bisa membuat sebuah aplikasi hanya dengan satu kali proses development.

3. Adaptif

Flutter dapat digunakan pada semua device(Android, IOS, MacOs, Linux, Windows, Web). Sehingga flutter support di semua platform device seperti Android, IOS, Desktop, Web.

4. Banyak Digunakan Oleh Start Up dan Perusahaan Besar Dunia

Kamu dapat melihat showcase Flutter https://flutter.dev/showcase banyak perusahaan dan startup besar yang sudah memakai Flutter ini untuk mengembangkan dan membuat aplikasi.

5. User Friendly

Di Flutter sudah menyediakan playground editor secara online yang memungkinkan kamu membuat aplikasi secara online tanpa membutuhkan install apapun.

Kamu tidak perlu bingung, untuk menggunakan Flutter sebenarnya sangat mudah, selama pemahaman dasar dari fitur dan cara kerja Flutter sudah kamu pahami secara mendetail.

Nah, kalau mau tahu tentang Flutter lebih lanjut, kamu dapat mengikuti training Mobile App Development with Flutter, lho. Jadi tunggu apalagi? Yuk, cari tahu sekarang.

Leave a comment

WhatsApp Us
Chat Us