Anggaran TI bisa menelan biaya yang tidak sedikit, dalam beberapa kasus seperti data center bisa mencapai belasan, puluhan, bahkan hingga ratusan milyar rupiah. Bukan biaya yang sedikit! Namun angka investasi yang besar bila tidak disertai peningkatan dari sisi efisiensi, efektivitas, dan kecepatan organisasi pendukungnya khususnya sumberdaya manusia yang mengelolanya pasti akan mengalami kerugian. Oleh karenanya, perkembangan TI kini ditujukan sebagai factor  terhadap kinerja suatu organisasi bahkan diharapkan memiliki dampak langsung terhadap value perusahaan.

Ini memicu kesadaran bahwa tanggung jawab pengelolaan TI tidak lagi sepenuhnya dapat diserahkan kepada bagian tertentu dalam organisasi yang secara fungsional khusus hanya menangani TI sebagaimana lazimnya pendekatan manajemen konvensional. Tapi juga harus menjadi tanggungjawab semua pihak dalam manajemen organisasi. Inilah kemudian yang menghasilkan paradigma baru pengelolaan TI yang disebut sebagai Tata Kelola IT atau IT Governance.

Apa itu Tata Kelola IT?

Tata kelola teknologi informasi menyediakan struktur untuk menyelaraskan strategi terknologi informasi dengan strategi bisnis. Dengan mengikuti kerangka kerja formal, organisasi dapat mengukur hasil untuk mencapai strategi dan tujuan organisasi. Dengan mempertimbangkan stakeholders’ interests, serta kebutuhan karyawan dan proses yang diikuti. Dalam gambaran besar, tata kelola TI merupakan integral dari keseluruhan tata kelola perusahaan.

Pentingnya Bagi Perusahaan?

  1. Menjadi lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari shareholder, partner, dan kustomer. Hal ini dikarenakan mereka akan berpikir kalau anda serius dengan perusahaan anda karena berani menerapkan IT Governance pada perusahaan.
  2. Mengontrol risiko dengan baik. IT Governance dapat mengetahui sumber dari risiko yang ada dan melacaknya, sehingga dapat langsung diatasi.
  3. Meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan diterapkannya IT Governance, departemen IT di perusahaan akan lebih selaras dengan tujuan perusahaan, sehingga mereka dapat fokus pada proyek mereka.

Tertarik Mempelajari Tata Kelola IT Lebih Jauh?

Leave a comment

WhatsApp Us
Chat Us