Teknologi

4 Tips Penerapan Cyber Security yang Tepat bagi Anda

Saat tidak menerapkan cybersecurity, peluang adanya kerugian finansial bisa terjadi. Kerugian finansial tersebut bisa mencakup hilangnya uang dari rekening dikarenakan seorang peretas.

Selain kerugian secara finansial, perusahaan juga bisa hilang kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda karena sistem keamanan yang lemah.

Sebagai pemilik perusahaan, bahkan Anda bisa dirugikan atas hilangnya partner bisnis karena lemahnya cybersecurity.

Itulah mengapa dengan menggunakan cybersecurity, Anda akan mendapatkan banyak manfaat baik dari segi bisnis dan keamanan.

Tapi sudahkah Anda tahu bagaimana menerapkan cybersecurity yang tepat? Berikut tips penerapan cybersecurity yang bisa Anda coba lakukan, antara lain :

1. Adaptasi best practice sesuai kebutuhan

Ada banyak sumber daya yang dapat membantu Anda membangun cybersecurity, termasuk panduan best practice dan framework yang sudah ada.

Tapi, Anda tidak bisa serta-merta menerapkannya dengan strategi standar cybersecurity karena belum tentu cocok dengan perusahaan Anda. Anda harus paham syarat dan infrastruktur, lalu langsung diadaptasi dengan tepat.

 

2. Tetap fleksibel

Anda harus ingat bahwa cybersecurity bukanlah hal yang dilakukan satu kali lalu selesai. Terdapat banyak sekali ancaman, padahal ekosistem IT dan bisnis Anda harus terus berkembang. Itulah mengapa, strategi cybersecurity Anda akan lebih baik jika selalu mengikutinya.

 

3. Libatkan stakeholder

Untuk membangun sebuah program sangat dibutuhkan kolaborasi antara IT dan stakeholder C-level. Para stakeholder memiliki pemahaman luas dan jelas tentang prioritas serta tujuan perusahaan, sehingga mampu memberikan ide tambahan dalam membangun cybersecurity.

Anda juga butuh sponsor dari para stakeholder dalam bentuk dukungan budget dan sumber daya lainnya untuk memastikan cybersecurity bisa berjalan dengan benar.

 

4. Komprehensif

Strategi cybersecurity yang komprehensif bisa meng-cover banyak hal seperti manajemen data, business process management (BPM, enterprise risk planning (ERP), user authorization, pembagian serta proteksi data, atau bahkan pencegahan jika ada masalah yang muncul.

Ingin mempelajari lebih lanjut?

Jika Anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik di atas, ikuti training di Inixindo.

Dalam training tersebut, Anda bisa mendapat pendampingan instruktur sehingga proses pemahaman terhadap topik dapat lebih cepat.

Menariknya lagi, Anda juga bisa memiliki sertifikasi dari topik yang sudah diikuti. Sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa Anda sudah benar-benar paham dan ahli di bidang terkait.

Tak hanya itu saja, dengan memiliki sertifikasi juga menjadi modal besar untuk perkembangan karir Anda.

Tunggu apalagi?

Klik link dibawah ini ya untuk mendapatkan diskon 50% training Certified Network Defender (CND)

https://www.inixindo.id/courses/05-teknikal-22/ec-council-3/cnd/

Leave a comment

Wishlist 0
Open wishlist page Continue shopping
WhatsApp Us
Chat Us
Feedback
Berikan feedback anda untuk kami
Berikan kami masukan anda
Selanjutnya
Masukkan email Anda jika Anda ingin kami menghubungi Anda terkait dengan tanggapan Anda.
Kembali
Submit
Terima kasih telah mengirimkan tanggapan Anda!