Cloud Computing

Tips Menjaga Data Cloud Agar Tetap Aman

Pada saat ini Cloud Storage memang sangat membantu dalam hal penyimpanan berbagai data pada media penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive, Mega, Microsoft OneDrive. Jadi kamu bisa menyimpan file seperti foto, video, dokumen, dan berbagai file lainnya, dan kamu juga bisa mengaksesnya dari perangkat yang berbeda dimana saja asalkan kamu terhubung dengan internet.

Selain itu kamu juga bisa membagi file-file tersebut dengan keluarga, teman, kolega yang berada jauh dari kamu. Dan juga jika file aslinya terhapus dari perangkat kamu, kamu dapat segera mengembalikannya dengan mendownload file tersebut dari cloud. 

Sangat praktis bukan? Tapi  jangan pernah percaya bahwa Cloud Storage benar-benar bebas dari segala bentuk risiko. Kamu juga harus mengetahui kualitas dari layanan Cloud Storage yang kamu gunakan agar data yang kamu simpan juga terjamin keamanannya. 

Berikut ini tips cara menjaga data kamu agar tetap aman berada di cloud storage 

1. Pilihlah Cloud Storage yang Terpercaya

Jaman sekarang banyak sekali layanan cloud storage yang menyediakan jasa storage. Akan tetapi dalam memilih cloud storage, sebaiknya kamu memilih cloud storage yang sudah memiliki reputasi dan nama yang besar agar memberikan jaminan pada data kamu. 

Cloud yang dimaksud seperti google drive, dropbox, dan skydrive dan lain sebagainya. Carilah cloud yang sudah terintegrasi dengan beberapa sistem operasi, serta cepat dalam perbaikan apabila terdeteksi adanya bug atau error.

2. Sebisa mungkin kamu tidak mengunggah data yang penting

Jangan mengunggah file yang berisi data yang penting, cukup unggah file-file yang sering kamu akses secara berkala. Misalnya foto, video, file dokumen dan lainnya. Jangan mengunggah file yang bersifat rahasia seperti misalnya data kartu kredit, KTP dan file yang berisi data personal lainnya.

Jika kamu harus tetap mengunggah file tersebut, pastikan untuk mengenkripsinya. Cara yang mudah adalah dengan men-zip file ini dan memberinya password yang kuat  sebelum kamu unggah.

3. Lindungi komputer kamu dengan menggunakan anti-virus dan anti-spy

Kamu mungkin menggunakan layanan penyimpanan cloud yang sangat aman dan dapat kamu percaya sepenuhnya. Tetapi terkadang yang menjadi celah adalah justru komputer yang kamu gunakan sendiri.

Tanpa perlindungan yang baik di komputer yang kamu gunakan, bisa saja kamu terjangkit malware dan hacker dapat dengan mudah mengakses semua informasi akun kamu.

4. Back Up File 

Resiko terbesar dari cloud storage adalah kamu bisa kehilangan data. Maka dari itu jangan gunakan cloud storage sebagai tempat backup, tetapi gunakan untuk data yang kamu miliki salinannya .

Memiliki salinan data bisa kamu dapatkan dengan menggunakan cloud storage yang lain. Selain kamu juga bisa mendapatkan tambahan storage, maka kamu juga bisa menyimpan banyak data pada setiap cloud storage yang kamu gunakan.

5. Menggunakan Two-Step Verification

Sebagai tambahan keamanan kamu juga bisa mengaktifkan fitur Two-Step Verification. Setelah login kamu akan diminta memasukkan kode. kode ini akan dikriim lewat email, telepon atau sms. Google salah satunya yang menggunakan Two-Step Verification untuk melindungi keamanan penggunanya.

Nah itulah tips agar data cloud kamu agar tetap aman. 

Jika kamu tertarik untuk mempelajari bidang cyber security kamu bisa ikuti training yang ada di Inixindo.

Leave a comment

WhatsApp Us
Chat Us