Deskripsi

Melatih peserta menjadi pengembang web yang kompeten di bidang pengembangan perangkat lunak dan pemrograman. Peserta akan mempelajari bagaimana merancang, mendesain, mengkonfigurasi, dan membuat perangkat lunak (software) maupun aplikasi yang dijalankan/dioperasikan dalam lingkungan komputer, piranti digital, maupun jaringan.
Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan dapat mengikuti ujian Junior Web Developer dan mendapatkan pengakuan kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Durasi Pelatihan: 3 Hari (2 hari Materi + 1 hari ujian sertifikasi)

Sasaran Peserta Pelatihan

Peserta yang ingin mendapatkan sertifikasi Junior Web Developer berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Kategori Informasi dan Komunikasi Golongan Pokok Aktivitas Pemrograman, Konsultasi Komputer dan Kegiatan Yang Berhubungan Dengan Itu (YBDI) Bidang Software Development Subbidang Pemrograman

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta akan siap mengikuti uji kompetensi dengan unit kompetensi:
• J.620100.005.2 Mengimplementasikan user interface
• J.620100.010.01 Menerapkan perintah eksekusi bahasa pemograman berbasis teks,grafik, dan multimedia
• J.620100.016.01 Menyusun fungsi,file atau sumber daya pemograman yang lain dalam organisasi yang rapi
• J.620100.016.01 Menulis kode dengan prinsip sesuai guidelines dan best practices
• J.620100.017.02 Mengimplementasikan pemograman instruktur
• J.620100.019.02 Menggunakan library atau komponen pre-existing

Garis Besar Materi Pelatihan

Mengimplementasikan User Interface
• Mengidentifikasi rancangan user interface
• Mengidentifikasi kelemahan dari informasi dalam system komunikasi bisnis

Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa Pemograman Berbasis Teks, Grafik, dan Multimedia
• Mengidentifikasi mekanisme running atau eksekusi source code
• Mengeksekusi source code Mendesain eksternal storage pada aplikasi berbasis mobile
• Mengidentifikasi hasil eksekusi

Menyusun Fungsi, variable, konstanta dan Sumber Daya Pemograman yang lain dalam Organisasi yang rapi.
• Mengelola sumber daya pemograman sesuai karakter
• Mengorganisasikan sumber daya pemograman sesuai konteks

Menulis Kode dengan Prinsip sesuai Guidelines dan Best Practices
• Menerapkan coding guidelines dan best practices dalam penulisan program (kode sumber)
• Menggunakan ukuran performansi dalam menuliskan kode sumber

Mengimplementasikan Pemrograman Terstruktur
• Menggunakan tipe data dan control program
• Membuat Program sederhana
• Membuat program menggunakan prosedur dan fungsi
• Membuat Program menggunakan array
• Membuat Program menggunakan array
• Mengkompilasi Program

Menggunakan Library atau Komponen Pre-Existing
• Melakukan pemilihan unit-unit reuse yang potensial
• Melakukan Integrasi library atau komponen pre- existing dengan source code yang ada
• Melakukan pembaharuan library atau komponen preexisting yang digunakan

WhatsApp Us
Chat Us