Deskripsi

Melatih peserta menjadi manajer yang kompeten di bidang pengelolaan layanan teknologi informasi. Peserta akan mempelajari seluruh siklus IT Service Management berbasis best practice ITIL (IT Infrastructure Library)
Setelah mengikuti pelatihan, peserta akan dapat mengikuti ujian Manajer Pengelola Layanan IT dan mendapatkan pengakuan kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Durasi Pelatihan dan Ujian: 3 hari (2 hari Materi dan 1 hari Ujian Sertifikasi)

Sasaran Peserta Pelatihan

Peserta yang ingin mendapatkan sertifikasi Manajer Pengelola Layanan IT berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Teknologi Informasi Bidang Manajemen Layanan Teknologi Informasi.

Tujuan Pelatihan

Setelah mengikuti pelatihan ini para peserta akan siap mengikuti uji kompetensi dalam sertifikasi Manajemen dan Tata Kelola Teknologi Informasi dengan unit kompetensi:
1. TIK.SM02.011.01 Menetapkan resolusi dan masalah terhadap seluruh aktivitas seluruh siklus hidup TI
2. TIK.SM02.012.01 Mengelola insiden yang terjadi
3. TIK.SM02.013.01 Mengelola konfigurasi sistem
4. TIK.SM02.014.01 Mengelola perubahan yang terjadi
5. TIK.SM03.001.01 Menentukan arsitektur perangkat keras
6. TIK.SM03.003.01 Menyediakan tim operasional pendukung sistem
7. TIK.SM03.004.01 Menetapkan standar otorisasi akses di dalam organisasi
8. TIK.SM03.005.01 Menetapkan manajemen eskalasi terhadap permasalahan

Garis Besar Materi Pelatihan

• Menetapkan Resolusi dan Masalah terhadap Seluruh Aktivitas Seluruh Siklus Hidup TI
• Melakukan identifikasi masalah siklus TI.
• Membuat dokumentasi aktifitas siklus hidup TI.
• Menetapkan resolusi terhadap masalah siklus TI.
• Mengelola Insiden yang Terjadi
• Menanggapi panggilan insiden sesuai dengan prosedur yang telah disepakati.
• Melakukan analisa insiden yang terjadi.
• Membuat dokumentasi terkait penanganan insiden yang terjadi.
• Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk komponen manajemen insiden.
• Mengelola Konfigurasi Sistem
• Melakukan identifikasi terhadap perubahan-perubahan yang terjadi.
• Memastikan perlindungan aset terhadap perubahan yang tidak sah.
• Mengelola konfigurasi item dan informasi yang terkait.
• Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk komponen manajemen konfigurasi.
• Mengelola Perubahan yang Terjadi
• Menerapkan perubahan sistem.
• Melakukan evaluasi hasil perubahan
• Sistem backup disediakan.
• Membuat kebijakan,standar dan prosedur untuk komponen manajemen perubahan.
• Menentukan arsitektur perangkat keras
• Melakukan pemilihan perangkat keras.
• Melakukan analisa operasional.
• Melakukan perawatan secara berkala.
• Menyediakan Tim Operasional Pendukung Sistem
• Mengatur koordinasi tim operasional.
• Melakukan evaluasi kinerja.
• Menetapkan Standar Otorisasi Akses di dalam Organisasi
• Membuat konsep, kebijakan, standar dan prosedur untuk komponen layanan otorisasi akses.
• Menerapkan layanan otorisasi akses.
• Membuat daftar otorisasi penggunaan bagi setiap pengguna aplikasi.
• Menetapkan Manajemen Eskalasi terhadap Permasalahan
• Dokumentasi insiden disusun.
• Mengambil tindakan terhadap insiden yang terjadi.
• Menentukan personil yang bertanggung jawab.

WhatsApp Us
Chat Us